Selasa, 03 Oktober 2017

Google Play Protect Berfungsi Melindungi dari Aplikasi Berbahaya

Google Play Protect membantu menjaga perangkat Anda agar tetap aman.

  •     Google Play Protect menjalankan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum Anda mendownloadnya.
  •     Google Play Protect memeriksa aplikasi yang berpotensi berbahaya dari sumber lainnya pada perangkat. Aplikasi berbahaya tersebut biasa disebut sebagai malware.
  •     Google Play Protect memperingatkan Anda jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya dan menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari perangkat.

Cara kerja Google Play Protect

Google Play Protect memeriksa aplikasi saat Anda mendownloadnya. Fitur ini juga memindai perangkat secara berkala. Jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya, Google Play Protect akan menghentikan aplikasi tersebut agar tidak dijalankan, dan mungkin:

  •     Memperingatkan Anda. Jika aplikasi terdeteksi berbahaya bagi perangkat, Anda akan mendapatkan notifikasi. Untuk menghapus aplikasi, tap Uninstal pada notifikasi.
  •     Menghapus aplikasi secara otomatis. Dalam beberapa kasus, jika aplikasi berbahaya telah terdeteksi, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi telah dihapus.

Memeriksa status keamanan aplikasi

Anda dapat memeriksa status Google Play Protect di perangkat:

  •     Buka aplikasi Google Play Store Google Play di perangkat Android Anda.
  •     Tap Menu Menu berikutnya Play Protect.
  •     Temukan informasi tentang status perangkat Anda.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Google Play Protect

Google Play Protect diaktifkan secara default, namun Anda dapat menonaktifkannya. Demi alasan keamanan, sebaiknya selalu aktifkan Google Play Protect.

    Di perangkat Android, buka aplikasi Google Play Store Google Play.
    Tap Menu Menu berikutnya Play Protect.
    Aktifkan atau nonaktifkan Pindai perangkat untuk menemukan ancaman keamanan.

Menyempurnakan deteksi aplikasi berbahaya

Jika Anda memilih untuk menginstal aplikasi dari "Sumber tidak dikenal" di luar Google Play Store, Google Play Protect dapat mengirimkan aplikasi tidak dikenal ke Google. Informasi ini membantu Google melindungi semua orang dari aplikasi berbahaya dengan lebih baik.

sumber artikel : https://support.google.com/googleplay/answer/2812853?hl=id&ref_topic=3364261



Tidak ada komentar:

Posting Komentar