Senin, 10 Februari 2014

Tips ketika membelikan gadget baru untuk anak

Bismillah...
Saat ini banyak orang tua yang membelikan gadget yang canggih dan mahal untuk anak-anaknya. Tanpa memperhatikan fitur yang ada di dalamnya. Beberapa Orang tua berfikir positif "Yang penting mahal dan bagus pasti semakin banyak manfaatnya bagi anak". Namun minimnya perhatian kepada anak tentang lingkungannya, teman-temannya, dan kesukaan / hoby anaknya, gadget tersebut bisa memberikan dampak sebaliknya. 

Bisa jadi kecanduan atau ketergantungan, conten yang di buka malah menjerumuskan anak kepada hal yang kurang baik. Untuk mengurangi resiko / dampak ketika membelikan anak gadget baru, para orang tua bisa memperhatikan tips berikut ini :
 1. sesuaikan fitur dengan usia anak
 2. tanya alasan anak meminta gadget & beri pengarahan dengan cara yang baik
 3. beli gadget khusus untuk anak
 4. minta agar di instal aplikasi yang terkait dengan kesukaan anak dan tentang game edukasi 
 5. masukan file yang bisa menunjang pekembangan anak misal video edukasi
 6. buat kesepakatan dengan anak agar tidak menyalahgunakannya untuk hal yang tidak baik. jika anak melanggar beri sanksi yang tegas misal (tidak boleh pakai gadget selama 1 minggu atau di ganti dengan gadget lain. Dan jika prestasinya meningkat beri hadiah padanya misal dengan mengganti gadget yang lebih baik)

Dengan tips tersebut diharapakan anak bisa berkembang dengan baik dan tetap terjaga dari kerusakan akhlak dan moral yang saat ini sering tidak disadari oleh orang tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar